Belajar Strategi Bisnis Perusahaan dari Konsep Berpikir Pemain Catur

19.16

Related image

konsultan pr jakarta - Permainan catur memiliki bidak yang sama, tetapi pemain catur akan tidak sempat dapat mengaplikasikan kiat yang sama dalam setiap permainannya. Apa yang dapat kita ambillah dari rencana berfikir pemain catur jadi bahan belajar kiat bisnis perusahaan?

Pemain catur senantiasa berfikir beberapa langkah ke depan, tetapi kiat selanjutnya dapat beralih bergantung langkah balasan dari lawan. Demikian pula dalam melakukan bisnis, terkadang kita yakin dengan gagasan yang telah kita buat, tetapi terkadang reaksi dari bawahan, rekanan kerja, atasan, kerapkali berlainan dengan apa yang kita berharap.

Kita tawarkan product dengan yakin, tetapi reaksi pelanggan tidak sesuai keinginan. Kita mengaplikasikan kiat baru, tetapi pasar malas merespon. Seperti pemain catur, ketika lawan memberi langkah balasan yang berlainan, maka pemain catur juga akan membuat ulang langkah selanjutnya, demikian pula saat kita membuat kiat bisnis perusahaan, saat gagasan kita memperoleh reaksi yg tidak sesuai sama apa yang kita berharap, janganlah menyerah, sediakan langkah selanjutnya.

Saat pemain catur telah membuat kiat penyerangan yang ciamik, terkadang lawan bermain melakukan serangan balik yang membahayakan pertahanan. Ketika hadapi keadaan ini, pemain catur sering sangat terpaksa merubah kiat, melakukan langkah mundur untuk bertahan hadapi serangan.

Demikian pula dalam melakukan perbaikan atau improvement. Sering orang yg tidak sukai dengan perubahan, melakukan serangan balik untuk menjatuhkan gagasan kita, berikan kesan kalau perubahan akan tidak berhasil, kalau perubahan malah buat keadaan jadi lebih kacau. Sama dengan pemain catur yang melakukan langkah mundur untuk menyelamatkan pertahanan, kitapun terkadang perlu mundur sedikit, membuat kiat untuk hadapi serangan balik dari penolak perubahan. Kita perlu membuat kiat pertahanan agar program yang direncanakan tetaplah diakui.

Biasanya pemain catur melakukan pembukaan awal sesuai jenis yang telah teruji, tetapi pada pertengahan permainan, kondisi tentu berlainan. Karena itu, pemain catur harus senantiasa berkreasi dalam setiap fase permainan. Pemain catur tidak dapat memercayakan style taktik sebelumnya untuk diaplikasikan pada fase permainan selanjutnya.

Setiap permainan memerlukan kreatifitas baru dan memerlukan kiat yang berlainan. Demikian pula dengan kita dalam membuat kiat bisnis perusahaan. Kita tidak dapat HANYA memercayakan pengalaman sebelumnya TANPA ditambah kreatifitas atau inspirasi baru untuk merampungkan problem.

Pengalaman berhasil kita waktu dulu tidak dapat menanggung keberhasilan kita masa depan, karena keadaan yang berlainan. Keadaan pasar, peta pertandingan, keadaan sosial-politik, harga pasar, biaya upah, biaya pembelian, semua telah berlainan. Keadaan th. ini berlainan dengan keadaan th. lalu terlebih dengan keadaan 5 th. yang kemarin.

Kita tidak bisa terlalu percaya dengan pengalaman kita sebelumnya, karena jaman selalu beralih. Dan kita tidak dapat 100% mengikuti cara kerja perusahaan beda, karena keadaan lingkungan perusahaan juga berlainan.

Yang dapat diadaptasi dari rencana berfikir pemain catur yaitu cara merespon lawan dan bagaimana membuat kiat dalam tekanan. Rencana berfikir ini dapat diaplikasikan pemimpin perusahaan, kalau dalam menggerakkan kiat bisnis perusahaan, tidak dapat hanya memakai cara yang sama karena keadaan senantiasa berlainan.

Lihat juga : konsultan public relations

You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images